Selasa, 30 Oktober 2012

Ar Ridho untuk Energi Bersih



Sabtu, 13/10/2012. Kami menghadiri acara pembukaan kampanye energi bersih untuk borobudur yang diselenggarakan greenpeace. Dari Sekolah Alam mengirim 3 guru dan 5 siswa SMP Alam Ar Ridho. Saya sangat kagum dengan acara itu, dari datang sampai selesai tak ada polusi dan kebisingan yang terdengar dari suara mesin yang berenergi fosil yang biasa digunakan untuk event sebesar itu. Suasana tenang tanpa polusi. Ketika itu pukul 4 Sore di Taman Hotel Manohara, kawasan Borobudur. Saya, Hamzah, Faiz, Haryo satu kelompok dengan sebuah keluarga dari Solo. Sebelum pada acara puncak pembukaan semua tim melalui beberapa pos penjelasan dari greenpeace.
                                                           faiz/dukungan energi bersih

Kita memang seharusnya mulai memikirkan beralih kesumber energi bersih, tidak lagi energi yang tidak dapat diperbaharui. Saya yakin suatu saat energi bersih terbarukan ( solar panel,windenergy,dll ) akan murah dan mudah diperoleh, tidak seperti sekarang yang 1 panel surya daya yang dihasilkan 200watt artinya untuk rumah perlu 5 panel dengan harga lebih dari 10 juta.
                                                                        panel surya

Greenpeace akan memasang panel surya di beberapa titik dikawasan borobudur. Penghematan yang dilakukan sampai ratusan juta dengan pemasangan panel surya tersebut. Borobudur akan terang dengan energi bersih.
Dalam diskusi kami dengan greenpeace, ketika itu saya ceritakan bahwa sekolah alam ar ridho semarang sedikit sekali menggunakan energi listrik dalam aktivitas yang dilakukan. Kelas yang terang dengan cahaya matahari. Cahaya yang sehat untuk aktivitas belajar. Mereka penasaran dengan sekolahnya seperti apa ya...,
( agusputra )


                                                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar